Selasa, 30 Oktober 2012

ANALISIS HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN METODE DI SMP




Perkembangan anak usia SMP ada pada rentang usia 12 – 15 tahun. Usia ini ada pada masa remaja awal. Perpindahan dari SD ke SMP ini merupakan langkah yang cukup berarti dalam kehidupan peserta didik, baik karena tambahan tuntutan belajar bagi peserta didik lebih berat, maupun karena peserta didik akan mengalami banyak perubahan dalam diri sendiri. Oleh karena itu pelayanan bimbingan dan konseling di SMP harus bercorak lain pula. Program bimbingan dan konseling pada SMP kiranya tidak hanya sekedar sebagai lanjutan dari program bimbingan dan konseling untuk SD tanpa perubahan dan penyesuaian seperlunya. Pada tingkat pendidikan SMP ini semakin tegas dibedakan antara administrasi sekolah, bidang pengajaran, dan bidang pembinaan siswa. Bidang pembinaan siswa sendiri semakin menunjukkan keanekaragaman, termasuk pelayanan bimbingan sebagai subbidang dalam bidang pembinaan siswa.
Ciri-ciri penting pada masa remaja awal atau anak SMP sebagaiberikut :
a)Pada masa ini terjadi kematangan alat-alat seksual.
Dengan tumbuh dan kembangnya fungsi-fungsi organ maka ciri-ciri seks sekunder mulai berkembang seperti tumbuhnya rambut pubisdan timbulnya jakun
pada anak laki-laki. Sedangkan pada anak perempuan mulai memasuki masa menstruasi dan mulai tumbuhnyabuah dada. Dengan adanya kedewasaan biologis ini, remaja memilikikemampuan biologis yang sama dengan orang-orang dewasa lainnyadalam hal reproduksi.

b)Masa remaja awal merupakan periode yang singkat dibandingkan dengan banyaknya perubahan yang terjadi di dalamperkembangan manusia maka masa puber merupakan periode yangpaling singkat, yaitu sekitar dua sampai empat tahun pada usianya.

c)Masa remaja awal merupakan masa pertumbuhan dan perubahan yang pesat Perubahan-perubahan yang pesat ini akan menimbulkan dampak pada anak. Misalnya timbul keraguan, perasaan tidak mampu dan tidak aman dan dalam beberapa hal memungkinkan timbulnya perilaku negatif.

d)Masa remaja awal merupakan masa negatif Pada masa ini anak cenderung mengambil sikap anti terhadapkehidupan atau kehilangan sifat-sifat baiknya yang pada masasebelumnya sudah berkembang. Kondisi ini merupakan sesuatu yangwajar. Beberapa ahli psikologi perkembangan menyebut ini sebagaimasa negatifistik kedua.

METODE PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN UNTUK ANAK USIA SMP

Dari sekian banyaknya model-model pembelajaran, secara umum adatiga model pembelajaran yang dapat digunakan untuk karakteristik anak usiaSekolah Menengah Pertama (SMP), yaitu:

1.Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

Pengetahuan dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu;pengetahuan deklaratif dan pengetahuan procedural. Pengetahuandeklaratif adalah pengetahuan tentang sesuatu konsep. Pengetahuan prosedural adalah pengetahuan tentang bagaimana seseorang melakukan sesuatu. Model pembelajaran langsung dirancang secara khusus untuk menunjang proses belajar siswa berkenaan dengan pengetahuan proseduralmaupun pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik dan dapatdipelajari langkah demi langkah.Metode yang digunakan dalam model pembelajaran ini yang lebih dominan adalah metode Tanya Jawab, metode Ceramah, dan lain-lain.Model ini harus dikemas melibatkan terjadinya interaksi multi arah.Model pembelajaran langsung mempunyai fase-fase pentingdiantaranya : Fase pendahuluan, pada fase ini guru menyampaikan kompetensi apa yang harus dicapai siswa setelah proses pembelajaran,memotivasi belajar, mengingatkan materi prasyarat. Fase Presentasimateri,guru dengan menggunakan metode ceramah dan resitasi (mengecek pemahaman dengan Tanya Jawab). Kemudian fase terakhir gurumemberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih, menyimpulkan hasilbelajar dan memberikan umpan balik terhadap keberhasilan siswa.

2. Model Pembelajaran Kooperatif Pembelajaran Kooperatif
Adalah pembelajaran yang mengharuskansiswa untuk bekerja dalam suatu tim untuk menyelesaikan masalah,menyelesaikan tugas, atau mengerjakan sesuatu untuk tujuan bersama.Model kooperatif merupakan model pembelajaran yang memfasilitasisiswa untuk mencapai kompetensinya dengan menekankan kerjasamaantar siswa. Dengan demikian, metode mengajar yang digunakan guruadalah diskusi kelompok. Adapun ciri-ciri model pembelajaran kooperatif antara lain :a. Untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan, siswa belajar dalamkelompok.b. Kelompok dibentuk dari siswa dengan memperhatikan kemampuan,gender, ras, budaya dan suku.c. Penghargaan diutamakan pada kerja kelompok daripada perorangan.Pembelajaran kooperatif mempunyai tujuan penting, yaitu :

1.Hasil Belajar Akademik Pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan proses konstruksi siswaterhadap pengetahuan yang dipelajarinya.

2.Penerimaan terhadap keberagamanMenumbuhkembangkan interaksi sosial bagi siswa. Siswa akan lebihmudah menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macamperbedaan latar belakang.

3.Pengembangan ketrampilan sosial Mengembangkan saling percaya dengan berbagi tugas dalamkelompok, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancingteman untuk bertanya, mempresentasikan dan lain-lain

Berkaitan dengan perkembangan, tugas perkembangan yang ingin dicapai pada tahap perkembangan usia SMP, yaitu:
1) Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2) Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat.
3) Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita.
4) Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas.
5) Mengenal kemampuan, bakat, dan minat serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni.
6) Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan karir serta berperan dalam kehidupan di masyarakat.
7) Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi.
8) Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan warga negara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar